5 Tempat Wisata Di Kupang Yang Bisa Dikunjungi Sekaligus Dalam Sehari

wisata kupang

Wisata Nusa Tenggara Timur saat ini sedang naik daun. Setelah Labuan Bajo dengan gugusan kepulauan cantik di taman nasional komodonya, kemudian menyusul Pulau Sumba dengan segala eksotismenya, baik pantai, bukit, dan air terjunnya yang sangat unik. Wisatawan dapat langsung menuju ke 2 daerah itu dari Bali atau Jakarta tanpa melalui ibukota dari provinsi NTT, Kupang. Tapi kalian juga bisa mengunjungi Labuan Bajo dan Sumba dengan terlebih dahulu berkunjung ke Kota Kupang. Hitung-hitung untuk menambah destinasi kota yang kalian kunjungi.

Setelah sampai Kupang, apa saja yang bisa dikunjungi? Kalau waktu kalian senggang dan ingin menjelajah pulau timor lebih jauh, sebenernya banyak tempat keren yang sayang bila dilewatkan, tetapi harus siap dengan petualangan dan trekking. Seperti misalnya pulau semau dengan pantai-pantai cantiknya, Fatuleu dan Fatubraun dengan view dari atas bukit yang keren, ada gunung mutis dengan keunikan-keunikan pemandangannya, atau pantai kolbano dengan batuan warna-warninya.

Tapi kalau kalian hanya punya waktu 1 hari saja di kota ini, kemana ya sebaiknya?? Nah, https://betwin188.online/ merangkum 5 tempat wisata di kupang yang bisa dikunjungi sekaligus dalam waktu 1 hari perjalanan saja.

Apa aja yaa? Yuk simak..

 

  1. Bunker Jepang

Lokasi bunker jepang ini persis di sebelah bandara el tari Kupang. Jadi begitu kalian sampai di Kota Kupang via jalur udara, sempatkanlah untuk mampir sebentar ke bunker jepang ini. Bunker ini berada di sebuah bukit yang lebih tinggi dari sekelilingnya sehingga kita bisa melihat sekeliling kota Kupang, termasuk view pantai yang cantik. Mungkin itu juga salah satu alasan Jepang membangun sebuah bunker di sini sehingga dapat mengawasi pergerakan pribumi.

Terdapat beberapa bangunan bunker yang lokasinya berjauhan antara 1 bunker ke bunker lainnya. Bangunannya tampak tidak terawat dan dipenuhi oleh ilalang liar. Area di sekitarnya merupakan padang rumput yang akan menghijau saat musim penghujan dan berubah menjadi kecoklatan saat musim kemarau.

Sebetulnya paling tepat datang ke sini saat sore hari karena kita akan disuguhi cantiknya matahari terbenam. Tetapi kalau waktu kita terbatas, boleh lah datang saat turun langsung dari pesawat 🙂

 

  1. Pantai Lasiana

Setelah bunker jepang, destinasi berikutnya yang wajib dikunjungi adalah pantai lasiana. Pantai ini tak begitu jauh dari bandara el tari. Pantai ini juga merupakan salah satu tempat favorit untuk menikmati sunset, tapi tak mengapa bila datang di siang hari.

Gugusan pohon lontar akan menyapa kita di sepanjang pantai. Lopo penjual makanan ringan banyak tersedia di pantai ini. Air lautnya tenang dengan ombak kecil sehingga biasa dipakai anak-anak kecil untuk main air dan pasir.

 

  1. Pantai Kosambi

Setelah dari pantai lasiana, destinasi berikutnya adalah pantai kosambi, lokasinya cukup jauh dari pantai lasiana menuju arah pelabuhan tenau.

Lokasi pantai ini dekat dengan pelabuhan tenau dan berada tepat di depan goa monyet. Pantai ini dipenuhi dengan batuan karang yang tajam, namun di seberang jalan dari pantai terdapat padang rumput cantik yang biasa digunakan untuk sesi foto.

Sedangkan di seberang laut tampak pulau semau yang menyimpan sejuta pesona keindahan.

 

  1. Goa Monyet

Goa monyet berada tepat di seberang pantai kosambi yang terpisahkan oleh jalan, dan berada di sebelah padang rumput cantik.

Di area ini terdapat sebuah goa yang kecil dan sempit dan kita hanya bisa masuk beberapa meter saja. Dinamakan goa monyet karena di lokasi ini banyak terdapat gerombolan monyet. Kita dapat membeli kacang di dekat pintu masuk dan memberi makan monyet-monyet di sini. Uniknya, terdapat beberapa kelompok monyet yang mempunya jam operasionalnya masing-masing untuk mencari makan di area ini.

 

  1. Pantai Bolok

Pantai Bolok berada di pelabuhan bolok, dapat dijangkau hanya beberapa menit berkendara dari goa monyet. Lokasinya dekat dengan polair. Di lokasi ini terdapat terumbu karang yang indah dengan beragam jenis dan warna, begitu juga dengan ikan-ikannya. Kalau beruntung kita dapat berjumpa dengan penyu. Untuk bisa menikmati indahnya kehidupan underwater di daerah ini, ada baiknya berkoordinasi dulu dengan teman-teman komunitas underwater kupang

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *